Monday, 26 August, 2019

Sejarah

Makkah dan Madinah, dua tanah suci umat Islam sudah sejak lama menjadi destinasi belajar kaum muslimin dari seluruh penjuru dunia, termasuk dari Nusantara, diantara para santri-santri yang belajar di Makkah waktu itu antara lain adalah Hadratusy Syaikh KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan, keduanya kelak menjadi ulama besar dan mendirikan 2 ormas besar umat Islam yang memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

Setelah berdiri Kerajaan Arab Saudi pada tahun 1932, yang wilayahnya termasuk kota Makkah dan Madinah, Pemerintah Arab Saudi memberikan perhatian dalam pengembangan pendidikan diantaranya adalah pendirian Universitas Islam Madinah pada tahun 1961 di zaman Raja Saud bin Abdul Aziz Al Saud. Salah satu mahasiswa Indonesia pertama yang belajar di Universitas ini adalah KH. Muhammad Maftuh Basyuni rahimahullah (Mantan Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi dan Mantan Menteri Agama RI).

Tidak terdapat banyak data yang valid mengenai PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Arab Saudi pada tahun 60-an hingga 90-an, menurut berbagai sumber PPI Arab Saudi pada waktu itu mengalami pasang surut organisasi, terkadang aktif, terkadang dibubarkan, atau hanya ada Forum Mahasiswa yang diketuai oleh beberapa orang. Namun tercatat beberapa alumni Universitas di Arab Saudi yang menjadi tokoh nasional di Indonesia dan sempat menjadi Ketua PPI Cabang maupun Ketua PPI Arab Saudi.

Diantaranya KH. Ahmad Cholil Ridwan, Lc – Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (Ketua PPI Arab Saudi 1972-1974), Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, Lc, MA – Wakil Ketua MPR RI (Ketua PPI Arab Saudi 1983-1985) dan Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Ya’qub rahimahullah – Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta (Mantan Ketua PPI Riyadh). Beberapa Aktivis PPI Arab Saudi lainnya, Drs. H. Mas’adi Sulthani, Lc, MA – Sekeretaris Pembina Yayasan Pendidikan Islam Al-Azhar (Mantan Ketua PPI Arab Saudi) KH. Lutfi Sahal Yakub, Lc – Pengasuh Pondok Pesantren Khoiriyah Hasyim Seblak Jombang (PPI Arab Saudi akhir 70-an), Dr. Zainuddin MZ, Lc, M.Ag – Penerjemah Masjid Nabawi (Mantan Sekjen PPI Arab Saudi) dan Dr. Mohammad Idris Abdul Somad, Lc, MA – Wali kota Depok (Mantan Ketua PPI Riyadh).